?

Log in

 
 
15 February 2013 @ 09:47 pm
Di Balik BG Timeline Plurk Velo Selama Ini (episode 1)  
Pada postingan kali ini, mendadak saja si empunya blog ingin seantero dunia tahu segalanya tentang BG timeline Plurk yang ia buat dan gunakan sejauh ini. Jika kalian merasa post ini oh-sangat-tidak-penting, maka dipersilakan untuk melanjutkan sekrolannya ke postingan selanjutnya. Tapi bagi kalian yang sedang nggak ada gawe dan kepoan penasaran, maka selamat datang dan selamat membaca ' '/ (warning: image heavy!)

1. 2012/05/27--jamannya Mawaru Pinguindrum tamat
[20120527]-Plurk-PAge
Ini BGTL (bukan 'bego terlalu', tapi 'background timeline') pertama yang saya buat. Unyu mampus, yea? Tertanggal 27 Mei 2012, kalau kata arsip saya. Gambarnya nyolong dari Zerochan, maaf belum bisa dikredit dulu karena belum sempat ._. Seperti yang dapat kalian lihat, saat itu saya memang masih kena aftershock dari serial Mawaru Penguindrum. Bahkan jika kalian adalah stalker sejati LJ saya (ya kayak ada, gitu), pasti pernah menemukan suatu masa dimana layout LJ ini memiliki banner senada.

Fyi buat yang belum tahu, MawaPingu ini cocok untuk penggemar kisah bergenre science fiction, fantasy, family, philosophy, dan tidak berkeberatan ter-mindf*ck dalam proses menontonnya OwO

Kembali ke pengulasan BGTL, BG yang satu ini dibuat ketika saya masih naif soal panjang sebuah BG Plurk yang semestinya. Beruntung BG ini dipasang pada align center dan kiri kanannya putih polos, sehingga bisa diakali dengan mudah. Mengenai kata-kata pada banner itu sendiri, saya hanya memikirkan bahwa MawaPingu itu mirip Alice in Wonderland--plot dan dunia yang kurang ajar, bahkan mempertaruhkan hidup mati. Walhasil, digunakanlah kata 'stumbled' =w=b

2. 2012/07/20--jamannya baru kenal Kurobas
2012/07/20--jamannya baru kenal Kurobas
Melihat banyaknya BGTL yang saya buat dari fandom satu ini, Mawaru Penguindrum jadi terkesan bukan apa-apa. BG ini dibuat setelah saya baru terjangkit virus fandom baru bernama Kuroko no Basuke yang saat itu memang sedang ramai karena dibuat animenya. Render aslinya dari sini. Kenapa saya pilih pair ini sebagai objek utama BG? Tidak ada alasan khusus selain bias. Dan mungkin karena pada saat itu saya bisa dikatakan baru 'nyemplung' ke fandomnya, mayoritas yang saya lihat adalah mereka.

BG ini adalah BG yang pertama kali membuat saya menekuni tool polygonal selection PSCS6, setelah sebelumnya saya sering berkoar 'saya-benci-selecting' (yah, sampai sekarang). Kalau dilihat-lihat lagi, ternyata ini adalah BG paling 'nggak macem-macem' yang pernah saya buat =)) Karena meskipun teksnya penuh, warnanya nggak kontras. Quote yang panjang itu diambil dari terjemah lagu Kimi ga Hikaru de Aru Tame ni-nya Ono Kenshou alias seiyuu-nya Kuroko. Terus alih-alih mengklaim 'Velouria's Plurk Page' seperti BG sebelumnya, saya mencantumkan surel halaman Plurk saya.

Tapi ternyata! BG ini memiliki kelemahan (?) karena meskipun dibuat cukup panjang, terpaksa harus di-repeat karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikadilan di luar sana masih banyak yang punya monitor beresolusi gigantik. Lagipula kalau hanya sekedar di-align center dan sisi-sisinya menggunakan warna biru senada, tekstur bokeh-nya pasti keliatan kepotong. Kan nggak lucu O^O

3. 2012/10/22--jaman kejayaannya TakaMido
#1[20121022]-Harmony
#2[20121022]-Once-I-said
#3[20121022]-Once-I-said-w-credit
Meskipun dibuat 3 versi, pada akhirnya yang dipakai adalah yang paling atas. Kalau diperhatikan baik-baik, quote pada ketiga BG tersebut adalah sama (lirik lagu Hyper Ventilation-nya RADWIMPS). Bedanya, #1 tidak mencantumkan prolog "Once I said", dan meng-emphasis-kan (?) kata terakhir dengan font berat. Sementara kedua sisanya hanya memiliki perbedaan kontras dengan font quote utama layaknya handwriting.

3 bulan telah berlalu dari BG sebelumnya dan saya sudah punya OTP sendiri lol. Kalau di BG MawaPingu saya buat kembarannya bersama layout LJ, maka pada penggunaan BG kali ini saya aplikasikan kembarannya pada Tumblr. Render didapat dari sini. Urutan pembuatan ketiganya= #2 - #3 - #1. Kalau menurut analisa ly_rie, #2 terlalu kontras dan akan mengganggu kenikmatan (?) scrolling status di Plurk. Aslinya memang cuma bikin #2 dan #3, dan entah kenapa kepikiran buat #1, tapi jatohnya malah lebih bagus =))

4. 2012/12/11--jamannya kepincut Yoneda Kou + Takao sekaligus
#1[20121211]-plurk-contradictions-1
#2[20121211]-plurk-contradictions-2
#3[20121211]-plurk-contradictions-3
#4[20121211]-plurk-contradictions-4
Manusia memang tidak pernah puas. Masih kurang dngan membuat 3 versi pada layout sebelumnya, pada layout kali ini saya malah bikin 4 versi. Perbedaannya pun tidak se-kentara BG TakaMido sebelumnya, cuma beda typo di bawah tulisan 'Contradictions' itu. Selain Kiyoshi, saya lagi demen-demennya dengan Takao saat itu. Bernasib sama seperti BG sebelumnya, dari keempat ini pun pada akhirnya hanya #4 yang saya pakai =))a

TAPI! Banyak hal yang membuat BG kali ini berbeda dengan BGs sebelum-sebelumnya. Pertama, quote kali ini tidak didapatkan dari lirik lagu, melainkan monolog seorang Yashiro dalam prekuel manga Saezuru Tori wa Habatakanai karya Yoneda Kou. Kedua, render tidak diambil dari Zerochan tapi dari Pixiv. Karena itu (dan kealpaan saya) jugalah, saya jadi kesulitan melacak ulang surel render ini dan mengkredit fanartist-nya ;w; Bisa dilihat sendiri bahwa pada BG #1 #2 #3 terdapat tulisan 'PIXIV ID -sekian-' karena saya memang berniat mengkreditnya sejak awal. Ketiga, ini adalah BG dengan warna paling mencolok--setelah sebelumnya, BGTL saya terkesan kusam dan sederhana (yay).

Tapi buat yang emang pingin tahu, render aslinya seperti ini:
28475176_p0
Kalau sudah dibeginikan, baru deh keliatan kalau BG ini masih belum terlalu move on dari BG sebelumnya hahah. Karena gambarnya pendek, butuh banyak trik juga dalam pengeditannya menjadi BG yang panjang bertepi putih polos… supaya bisa di-fill dengan putih saja pada tepi-tepinya yang tak terjangkau (yay)

5. 2013/02/08--jamannya habis baca chapter baru manga tertentu tentang trap kesandung
[20130208]-Tripped-angel
Tahun baru, BGTL baru. Sayang, baru diganti pada tanggal tersebut karena pemicunya memang baru saya temukan setelah tahun baru. Setelah memiliki BGTL dengan warna mentereng, alangkah baiknya apabila kembali dengan warna kalem yang tidak terlalu membuat mata letih. BG ini saya buat sebagai rasa syukur karena akhirnya menemukan raw scan chapter kedua 'Hana no Migoro ni', sekuelnya 'Hana no Mizo Shiru'. Untung masih raw dan belum tertranslasi dalam bahasa Mandarin, atau saya tidak akan dapat menikmatinya sama sekali selain ngecesin artwork Takarai Rihito sebagai mangaka serial tersebut.

Whoops, bagi yang terheran-heran dengan maksud 'trap kesandung' seperti judulnya, makhluk yang menjadi objek utama pada BG kali ini memang cowok tulen, saudara-saudaraku (yay). Dia menjadi begitu karena memang sedang dikerjai kakak perempuan pairingnya; cuma untuk saat itu saja. Rendernya bisa dilihat sendiri di manga yang bersangkutan. Maksud kata 'tripped over' aka kesandung ini, karena sebelum panel tempat render berada (?) di manganya, si trap memang kesandung beneran. Langsung di depan muka pairingnya. Jadi, semuanya berlaku literal.

Tapi mau dikatai cowok juga, Misaki Shouta memang manis. Intinya sih saya lagi kena bias Takarai Rihito akut; sampai-sampai gambar pada sidebar Tumblr saya pun sebenarnya merupakan karakter yang sama (dalam versi cowoknya, tentu). Harus diakui bahwa BG ini adalah BG tersulit yang saya buat karena selain rendernya yang hitam putih, saya kebelet merealisasikannya sehingga harus mencoba beberapa style sekaligus.

Juga untuk tipografinya. Bolak-balik saya mengaktifkan caps dan me-non-aktifkannya pada kata 'Congratulations' itu. Apalagi menentukan ukurannya. Meskipun pada akhirnya hanya terealisasikan satu macam, layer yang ada pada file .PSD BG satu ini jauh melampaui BG-BG sebelumnya.

Bonus? Itadakimasu.
[20120922]-Plurk---Itadakimasu
Tertanda 2012/09/22. Bagus kan ya, cakep kan ya, sayang belum tahu kapan dipakainya dan bagaimana cara mengakali sisi kiri-kanannya yang kelak akan berlebih pada pemilik resolusi gigantik. Soalnya kalau nggak digradasikan begitu, kesannya akan menjadi terlalu tawar. Mengenai 'i-ta-da-ki-ma-su'-nya, karena selain pelangi, keenam cowok ini sangat mengingatkan saya akan idol group Momoiro Clover #dhuesh. Kebetulan saat sedang mengerjakannya, WMP memberi saya hasil shuffle berupa lagu 'Ikuze! Kaito Shoujo` Momoiro Clover, dimana pada salah satu liriknya berbunyi 'Anata no sono HAATO, I-ta-da-ki-masu!' =))

Demikianlah program telaah BGTL ini berakhir, semoga bermanfaat (mananya). Kalau perlu menanyakan font/teknik/sesuatu dan lain sebagainya, sebisa mungkin akan saya jawab karena semua PSD-nya masih ada. Jikalau ada di antara kalian yang tahu dimana saya harus mengkredit render BGTL#4, saya akan sangat berterima kasih =)
 
 
Current Mood: accomplishedaccomplished
 
 
 
(Deleted comment)
Velouria Hemlock: Mika- Knocks excitedlysiv_carbone on February 17th, 2013 03:08 am (UTC)
IKR? Takao seme =| susyah banget nyari doujin TakaMido yang Takao-nya seme hiks. Tapi yang namanya selera sih ya, apa boleh buat ;w;

Hana no Migoro ni kabarnya cuma 2 chapter, dan chapter pertamanya udah ada yang nerjemahin ( O//w//O) Kencana suka trap ya? Saya sebenernya kurang demen, tapi kalo mengingat itu Misaki rasanya pengecualian banget--cakep luar binasa dia =''|

Ayo ayo dibaca Hana no Migoro ni-nya /o/